UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BERHITUNG KONSEP SEDERHANA ANAK MELALUI PEMBERIAN REWARD (PTK di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalangan Tahun Ajaran 2009 / 2010)

APRILIA , NITA (2010) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BERHITUNG KONSEP SEDERHANA ANAK MELALUI PEMBERIAN REWARD (PTK di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalangan Tahun Ajaran 2009 / 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (121kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)

Abstract

Minat belajar pada anak usia dini perlu ditingkatkan terutama pada pembelajaran berhitung karena berhitung merupakan dasar dari ilmu pendidikan yang lain. Salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar berhitung konsep sederhana anak adalah dengan pemberian reward. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar berhitung konsep sederhana dengan pemberian reward. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalangan tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pembelajaran berhitung konsep sederhana anak melalui pemberian reward, yakni sebelum tindakan 21,285 %, siklus I mencapai 26,90 %, siklus II mencapai 51,3 %. Pembelajaran dengan memanfaatkan reward juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas dan permainan. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan minat belajar berhitung konsep sederhana anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian reward dapat meningkatkan minat belajar berhitung konsep sederhana anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Berhitung Konsep Sederhana, Reward
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 08:53
Last Modified: 28 Apr 2011 08:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11937

Actions (login required)

View Item View Item