PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ”OUTDOOR ” DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK DI TK PAPAHAN 03 TASIKMADU KARANGANYAR

Wulandari , Sri (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ”OUTDOOR ” DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK DI TK PAPAHAN 03 TASIKMADU KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat menggunakan berbagai macam metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar anak kelompok B semester II TK Papahan 03 Tasikmadu karanganyar tahun ajaran 2010/2011. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan ini bersifat deskriptif kualitatif dan dikenakan pada 20 anak didik. Pengambilan data dilakukan dengan teknik oibservasi, catatan, lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam aktivitas belajar anak. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil penelitian pada siklus I dan siklus II pertemuan pertama dalam hal anak mau melaksanakan kegiatan sampai selesai terhitung dari 11 anak (55%) menjadi 16 anak (80%), anak dapat melaksanakan kegiatan berkelompok terhitung dari 13 anak (65%) menjadi 18 anak (90%), aktif bergerak sesuai peraturan terhitung dari 14 anak (70%) menjadi 18 anak (90%), anak terampil menggunakan alat atau media terhitung dari 14 anak (70%) menjadi 18 anak (90%). Pada siklus I dan siklus II pertemuan kedua dalam hal anak mau melaksanakan kegiatan sampai selesai terhitung dari 17 anak (85%) menjadi 18 anak (90%), anak dapat melaksanakan kegiatan berkelompok terhitung dari 15 anak (75%) menjadi 18 anak (90%), anak aktif bergerak sesuai peraturan terhitung dari 14 anak (70%) menjadi 17 anak (85%), anak terampil menggunakan alat atau media terhitung dari 13 anak (65%) menjadi 18 anak (90%). Pada siklus I dan siklus II pertemuan ketiga dalam hal anak mau melaksanakan kegiatan sampai selesai terhitung dari 17 anak (85%) menjadi 18 anak (90%), anak dapat melaksanakan kegiatan berkelompok terhitung dari 17 anak (85%) menjadi 18 anak (90%), anak aktif bergerak sesuai peraturan terhitung dari 17 anak (85%) menjadi 18 anak (90%), anak terampil menggunakan alat atau media terhitung dari 17 anak (85%) menjadi 18 anak.(90%) Berdasarkan hasil penelitian dan observasi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar anak dalam pembelajaran outdoor.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A520/2011-013
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran outdoor, aktivitas belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 08:10
Last Modified: 04 May 2011 05:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11927

Actions (login required)

View Item View Item