PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH I SIMO SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010/2011

Budiyanto, Susilo (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH I SIMO SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1. untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran dengan strategi group to group exchange siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah I Simo tahun ajaran 2010/2011. 2. untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan strategi group to group exchange siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah I Simo tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 20 siswa. Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan PTK yaitu dengan menggunakan strategi group to group exchange yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah I Simo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pokok yaitu metode observasi dan metode tes, serta metode bantu yaitu catatan lapangan dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kualitatif melalui perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan guru biologi kepada siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah I Simo. 2. terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah I Simo. Berdasarkan refleksi dan evaluasi pada analisis data yang diperoleh, aspek afektif siswa pada siklus I 29,05 (cukup berhasil), siklus II 36 (berhasil). Aspek kognitif siswa sebelumnya 50,3, siklus I meningkat menjadi 60,2 dan siklus II meningkat menjadi 72,7. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa dalam pembelajaran biologi kelas X1 SMA Muhammadiyah I Simo dengan menggunakan strategi group to group exchange dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dari aspek kognitif dan aspek afektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran strategi group to group exchange, aktivitas belajar yang dicerminkan dengan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 03:37
Last Modified: 20 Nov 2019 02:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11914

Actions (login required)

View Item View Item