PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009 / 2010

IRAWATI, NURUL (2011) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JATIPURO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (215kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) pengaruh fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi; 3) pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan eksperimen dan pengambilan kesimpulan diambil melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Jatipuro yang berjumlah 192 siswa. Sampel diambil sebanyak 48 siswa (25%). Sampel diambil dengan teknik Random Sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui pemberian angket dan dokumentasi. Angket yang digunakan sebelumnya diuji dengan uji validitas dan diuji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji linieritas), analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi (R2 ), dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis data memperoleh persamaan garis regresi: Y = 4,485 + 0,764.X1 + 0,540.X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh minat belajar dan fasilitas belajar di rumah. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa minat belajar dan fasilitas belajar di rumah berpengaruh sebesar 66,4% terhadap prestasi belajar ekonomi, sedangkan sisanya sebesar 33,6% dipengaruhi oleh faktor lain seperti motivasi belajar, bimbingan guru dan orang tua, kualitas pembelajaran, lingkungan belajar, dan sebagainya. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jatipuro tahun pelajaran 2009/2010. Hasil uji t pada analisis regresi ganda memperoleh nilai thitung > ttabel (3,783 > 2,021) pada taraf signifikansi 5%; 2) Fasilitas belajar di rumah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jatipuro tahun pelajaran 2009/2010. Hasil uji t pada analisis regresi ganda memperoleh nilai thitung > ttabel (3,312 > 2,021) pada taraf signifikansi 5%; 3) Minat belajar dan fasilitas belajar di rumah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jatipuro tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (44,434 > 3,23) pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, fasilitas belajar di rumah, prestasi belajar ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2011 07:13
Last Modified: 27 Apr 2011 07:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11900

Actions (login required)

View Item View Item