PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERKALIAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MENCARI PASANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 01 Ngijo Tasikmadu, Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010

ROCHANI , SITI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERKALIAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MENCARI PASANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 01 Ngijo Tasikmadu, Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita operasi hitung perkalian pada siswa kelas II SD N 01 Ngijo, beserta kendala dalam penerapannya. Variable yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung perkalian (variable Y), sedangkan variable tindakan (variable X) yang digunakan adalah Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan (Make a Match). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindkan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Sample penelitian ini adalah siswa kelas II SD N 01 Ngijo yang berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, arsip dan dokumentasi, tes, perekaman. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai 3 komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dengan penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan (Make a Match) menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita operasi hitung perkalian pada siswa kelas II SD N 01 Ngijo, Tasikmadu, Karanganyar. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan ketuntasan klasikal siswa sebesar 19,07 %, siklus I dengan ketuntasan klasikal sebesar 60 %, dan siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 83,1 %. Dengan demikian, dapat diajukan rekomendasi bahwa penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan (Make a Match)dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung perkalian pada siswa kelas II SD N 01 Ngijo, Tasikmadu, Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menyelesaikan soal cerita perkalian, pendekatan kooperatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 09:16
Last Modified: 26 Apr 2011 09:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11873

Actions (login required)

View Item View Item