PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH SOAL CERITA POKOK BAHASAN PECAHAN SEDERHANA MELALUI METODE POLYA PADA SISWA KELAS III MIM NGWARU MATESIH TAHUN AJARAN 2009/2010

KUSUMANINGPURI , ADITYA RINI (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH SOAL CERITA POKOK BAHASAN PECAHAN SEDERHANA MELALUI METODE POLYA PADA SISWA KELAS III MIM NGWARU MATESIH TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN__DEPAN.pdf

Download (174kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__1.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN__LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami permasalahan soal cerita matematika, (2) Meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat kalimat matematika matematika, (3) Meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan kalimat matematika,(4) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah soal cerita pokok bahasan pecahan sederhana dengan menggunakan metode polya. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas kelas III MIM Ngwaru Matesih yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini adalah kemampuan dalam memahami soal, kemampuan membuat kalimat matematika dan kemampuan menyelesaikan kalimat matematika. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita melalui metode polya. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa memahami soal cerita matematika sebelum diadakan tindakan 23,53 % setelah dilakukan tindakan mencapai 82,35 %, sedangkan kemampuan siswa membuat kalimat matematika sebelum diadakan tindakan 35,29 % setelah dilakukan tindakan mencapai 88,24% dan kemampuan menyelesaikan kalimat matematika sebelum diadakan tindakan 11,76 % setelah dilakukan tindakan mencapai 88,24 %. Peningkatan hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan 11,76 % setelah dilakukan tindakan yang memperoleh nilai ≥ 75 mencapai 88,24 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan penerapan metode polya dalam menyelesaikan soal cerita maka terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam memahami soal cerita, membuat kalimat matematika dan menyelesaikan kalimat matematika, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa pada pokok bahasan pecahan sederhana.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, soal cerita, metode polya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 08:33
Last Modified: 26 Apr 2011 08:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11865

Actions (login required)

View Item View Item