PENGARUH KEDISIPLINAN MENGGUNAKAN WAKTU BELAJAR DAN PERILAKU SISWA DALAM MENERIMA PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CEPOGO KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHU PELAJARAN 2007/2008

Gunanto, Gunanto (2008) PENGARUH KEDISIPLINAN MENGGUNAKAN WAKTU BELAJAR DAN PERILAKU SISWA DALAM MENERIMA PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CEPOGO KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHU PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A220040011.pdf

Download (100kB)
[img] PDF
A220040011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan menggunakan waktu belajar dan perilaku siswa dalam menerima pelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cepogo Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali Tahun pelajaran 2007/2008. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Cepogo Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2007/2008, yang keseluruhannya berjumlah 134 siswa yang mencakup empat kelas, dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel sebanyak 40 siswa dengan prosedur pengambilan sampel kombinasi (Combined Sampling), yaitu ”Quota Purposive Area Proportional Random Sampling” dengan cara undian. Alat pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Angket digunakan untuk mengumpulkan data kedisiplinan menggunakan waktu belajar dan perilaku siswa dalam menerima pelajaran. Dokumentasi untuk mengumpulkan data prestasi belajar. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus : F reg = ( ) 2 Ry - 1 m 1) - m - (N Ry 2. Hasil analisis regresi diperoleh Freg sebesar = 20,431, setelah dikonsultasikan dengan Ftabel dengan db m lawan N-m-1 atau 2 lawan 37 pada taraf signifikansi 5% telah ditentukan besarnya Ftabel = 3,23. Dengan demikian hasil analisis Freg itu berada di atas nilai Ftabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu bahwa 20,431> 3,23 Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari kedisiplinan menggunakan waktu belajar dan perilaku siswa dalam menerima pelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cepogo Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali Tahun pelajaran 2007/2008. Sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang berarti (signifikan) dari kedisiplinan menggunakan waktu belajar dan perilaku siswa dalam menerima pelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cepogo Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali Tahun pelajaran 2007/2008, terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Variabel kedisiplinan menggunakan waktu belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 50,77% dan sumbangan efektif 26,59%. Variabel perilaku siswa dalam menerima pelajaran memberikan sumbangan relatif sebesar 49,23% dan sumbangan efektif 25,78%. Sehingga nampak bahwa variabel kedisiplinan menggunakan waktu belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan variabel perilaku siswa dalam menerima pelajaran, Dengan demikian jika tingkat kedisiplinan menggunakan waktu belajar tinggi maka dapat dipastikan adanya peningkatan prestasi belajar pada siswa yang bersangkutan. Dari perhitungan di atas ada faktor lain sebesar 47,6% (100%-52,4%) yang mempengaruhi prestasi belajar pada siswa, misalnya motivasi belajar, teman bermain, lingkungan pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka perlu dilakukan suatu usaha untuk meningkatkan kedisiplinan menggunakan waktu belajar, dan perilaku siswa dalam menerima pelajaran, yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan, waktu belajar, perilaku siswa, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Apr 2009 04:39
Last Modified: 01 Feb 2011 05:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1186

Actions (login required)

View Item View Item