UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PENDEKATAN KONSTEKTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 NANGSRI KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SYA’ADAH , SITI (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PENDEKATAN KONSTEKTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 NANGSRI KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
File_ke_halaman_depan_urutan_2.pdf

Download (153kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
urutan_ke_3_BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
URUTAN_KE_4_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab III)
urutan_ke_5_bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
urutan_ke_6_BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab V)
urutan_ke_7_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
URUTAN_KE_8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
urutan_9_lampiran_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas. Dengan rumusan masalah yaitu: Apakah dengan menerapkan pendekatan konsektual dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Nangsri kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV dengan pendekatan konsektual. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, test, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian ini berupa lembar kerja tes,serta daftar nilai kelas IV SD Negeri 01 Nangsri. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data diskripti kualitif yang meliputi tahap pengumpulan data reduksi data, sjaian data (display data), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian siklus I keaktifan belajar siswa selama apresiasi sebesar 37%, keaktifan siswa selama proses pembelajaran sebesar 42%, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam kelompok sebesar 33%, dan keantusian siswa dalam mengemukakan pendapat sebesar 25%. Pada siklus II keaktifan belajar siswa selama apersepsi sebesar 50%, keaktifan siswa selama proses pembelajaran sebesar 58%, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam kelompok sebesar 54%, dan keantusiasan siswa dalam mengemukakan pendapat sebesar 42% . Dan pada siklus III keaktifan belajarn siswa selama appersepsi sebesar 75%, keaktifan siswa selama proses pembelajaran sebesar 71%, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam kelompok 79%, dan keantusiasan siswa dalam mengemukakan pendapat sebesar 83%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konsektual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 Nangsri tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, pendekatan konsektual.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 05:36
Last Modified: 26 Apr 2011 05:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11859

Actions (login required)

View Item View Item