PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEQIP (Science Education for Quality Improvement Project) UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR IPA DAN KEAKTIFAN PADA SISWA KELAS IV SD N 03 JATIPURO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

ESMARAWATI , YULITA (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEQIP (Science Education for Quality Improvement Project) UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR IPA DAN KEAKTIFAN PADA SISWA KELAS IV SD N 03 JATIPURO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dan keaktifan dengan model pembelajaran SEQIP (Science Education for Quality Improvement Project) pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Jatipuro Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Jatipuro yang berjumlah 30 siswa. Sumber data penelitian adalah guru kelas IV SD Negeri 03 Jatipuro. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data berupa analisis data kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan tes, pengamatan atau observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I memperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65.00 dengan prosentase keaktifan siswa sebesar 60%, siklus II memperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 69.33 dengan prosentase keaktifan sebesar 73,33 %, pada siklus III memperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78,67 dengan prosentase keaktifan sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar IPA dan keaktifan siswa kelas IV SD Negeri 03 Jatipuro tahun pelajaran 2010/2011 selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran SEQIP ternyata dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan keaktifan siswa pada materi sifat-sifat dan wujud benda.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-002
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Keaktifan Siswa, Model SEQIP, PTK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2011 10:16
Last Modified: 04 May 2011 04:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11853

Actions (login required)

View Item View Item