PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN VARIASI METODE MENGAJAR DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PKn FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2007

Purnomosari, Eko Joko (2008) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN VARIASI METODE MENGAJAR DOSEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PKn FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A220040010.pdf

Download (100kB)
[img] PDF
A220040010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa mengenai penggunaan media pembelajaran dan variasi metode mengajar dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa PKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007 yang keseluruhan berjumlah 106 mahasiswa, dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel ialah sebanyak 40 mahasiswa dengan prosedur pengambilan sampel kombinasi (Combined Sampling), yaitu ”Quota Purposive Proportional Random Sampling” dengan cara undian. Metode pokok dalam penelitian ini menggunakan metode angket yang digunakan untuk mengumpulkan data persepsi mahasiswa mengenai penggunaan media pembelajaran dan data variasi metode mengajar dosen serta data motivasi belajar. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk mengkonfirmasikan dan memperkuat data yang telah dikumpulkan melalui angket. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus : F reg = ( ) 2 Ry - 1 m 1) - m - (N Ry 2. Hasil analisis regresi diperoleh Freg sebesar = 7,0724, setelah dikonsultasikan dengan Ftabel dengan db m lawan N-m-1 atau 2 lawan 37 pada taraf signifikansi 5% telah ditentukan besarnya Ftabel = 3,26. Dengan demikian hasil analisis Freg itu berada di atas nilai Ftabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu bahwa 7,0724 > 3,26 Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari persepsi mahasiswa mengenai pegunaan media pembelajaran dan variasi metode mengajar Dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa PKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universias Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007. Sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang berarti (signifikan) dari persepsi mahasiswa mengenai pegunaan media pembelajaran dan variasi metode mengajar Dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa PKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universias Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007, terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa mengenai penggunaan media pembelajaran oleh dosen terbukti memberikan sumbangan relatif (SR%X1) sebesar 47,92%, sedangkan variasi metode mengajar dosen memberikan sumbangan relatif (SR%X2) sebesar 52,08%, terhadap motivasi belajar mahasiswa PKn Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007. Selanjutnya, hasil analisis data menunjukkan pula persepsi mahasiswa mengenai penggunaan media pembelajaran oleh dosen terbukti memberikan sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 13,30%, sedangkan variasi metode mengajar dosen memberikan sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 14,40%, terhadap motivasi belajar mahasiswa PKn Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007. Hasil penelitian ini ternyata menunjukkan adanya pengaruh positif yang cukup signifikan dari persepsi mahasiswa mengenai penggunaan media pembelajaran dan persepsi mahasiswa mengenai variasi metode mengajar dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa PKn Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007. Dan dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi persepsi mahasiswa menenai penggunaan media pembelajaran dan persepsi mahasiswa mengenai variasi metode mengajar dosen akan menyebabkan semakin tinggi pula motivasi belajar mahasiswa PKn Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007. Oleh karena itu, persepsi mahasiswa mengenai penggunaan media pembelajaran dan variasi metode mengajar Dosen merupakan salah satu faktor yang ikut mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa PKn Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2007

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, motivasi belajar mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Apr 2009 04:32
Last Modified: 01 Feb 2011 05:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1185

Actions (login required)

View Item View Item