PENINGKATAN KETERAMPILAN DALAM MENJAWAB PERTANYAAN MATEMATIKA DENGAN POKOK BAHASAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MENGGUNAKAN MEDIA TURUS PADA SISWA KELAS V SDN JAPOH 2 KECAMATAN JENAR KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010

PRAMESTI , KESIE (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN DALAM MENJAWAB PERTANYAAN MATEMATIKA DENGAN POKOK BAHASAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MENGGUNAKAN MEDIA TURUS PADA SISWA KELAS V SDN JAPOH 2 KECAMATAN JENAR KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan keterampilan siswa SDN Japoh 2 dalam menjawab pertanyaan pada pokok bahasan kelipatan dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) melalui pemanfaatan alat peraga turus. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Japoh 2 dengan pemanfaatan alat peraga turus pada pokok bahasan kelipatan dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK). Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi partisipasitif, wawancara, dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu berupa lembar wawancara, lembar observasi siswa, daftar nilai dan daftar kelas V SDN Japoh 2. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik analisis data diskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Ada peningkatan keterampilan siswa dalam menjawab pertanyaan matematika yang meliputi aspek: (a) Siswa yang aktif menjawab pertanyaan guru pada awal siklus sebesar 50% dan pada akhir siklus sebesar 70%, (b) Siswa yang berani mengerjakan soal dipapan tulis pada awal siklus sebesar 36% dan pada akhir siklus sebesar 67%, (c) Siswa yang aktif dalam pembelajaran pada awal siklus sebesar 53% dan pada akhir siklus sebesar 82%, (d) Siswa yang aktif mengerjakan tugas rumah pada awal siklus sebesar 42% pada akhir siklus sebesar 75% (e) Siswa yang aktif dalam penggunaan alat peraga turus dalam pembelajaran pada awal siklus sebesar 39% dan pada akhir siklus sebesar 67%. (2) Terdapatnya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebelum diadakannya suatu tindakan sebesar 54% dan setelah dilakukan tindakan mencapai ketuntasan sebesar 93%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Dengan penggunaan media turus dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menjawab pertanyaan matematika, (2) Dengan menggunakan media turus dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Japoh 2 tahun pelajaran 2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, media turus.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2011 09:38
Last Modified: 25 Apr 2011 09:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11844

Actions (login required)

View Item View Item