MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI METODE ILMIAH MELALUI STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION DAN QUESTION STUDENT HAVE PADA SISWA KELAS X TKJ2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

YULIANTI , TITIK (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI METODE ILMIAH MELALUI STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION DAN QUESTION STUDENT HAVE PADA SISWA KELAS X TKJ2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Metode Ilmiah dengan penggunaan strategi Learning Starts With A Question dan Question Students Have siswa kelas X TKJ 2 SMK M uhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan strategi Learning Starts With A Question dan Question Students Have yang dilakukan dal am dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 63,35 dari nilai awal sebesar 47,43; sedangkan nilai rata-rata afektif sebesar 11,12 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 83,86 dari siklus I yang hanya 63,35; sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 13,29 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Learning Starts With A Question dan Question Student Have dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas X TKJ2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420/2011-008
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar (aspek kognitif dan afektif), Strategi Learning Starts With A Question dan Question Student Have.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2011 09:00
Last Modified: 28 Apr 2011 06:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11838

Actions (login required)

View Item View Item