PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA CHARTA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA

Sulistiyorini , Anik (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA CHARTA UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (254kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran siswa kelas VIIIG SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, antara lain siswa kurang aktif, kurang motivasi, pemahaman materi rendah, penyampaian materi monoton, dan kurang berani menyampaikan pendapat. Tujuan penelitian mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi pokok bahasan sistem pernapasan manusia penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan media Charta siswa kelas VIIIG tahun ajaran 2010/2011. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan tiga siklus dengan analisis data kualitatif. yaitu menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Sumber data diperoleh dari aspek kognitif (hasil belajar), aspek afektif (pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran), dan aspek psikomotorik (keterampilan yang dimiliki siswa). Hasil penelitian menunjukan bahwa rerata hasil perolehan aspek kognitif meningkat setiap siklusnya, siklus I 5,89; siklus II 7,15; dan siklus III 8,19 target yang dicapai 94,4%. Hasil rerata kelas aspek afektif siklus I 2,2 kriteria cukup baik; siklus II 2,9 kriteria baik; dan siklus III 3,3 kriteria baik target yang dicapai 94,4%. Hasil rerata kelas aspek psikomotorik siklus I 2,3 kriteria cukup baik; siklus II 2,9 kriteria baik; dan siklus III 3,2 kriteria baik target yang dicapai 97,2%. Peningkatan hasil perolehan aspek kognitif dari siklus I ke siklus II sebanyak 36,1% dan siklus II ke siklus III 36,1%; aspek afektif peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II 38,9% dan dari siklus II ke siklus III 13,8%; aspek psikomotorik peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II 36,3% dan dari siklus II ke siklus III 13,7%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan media Charta dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia (Biologi) siswa kelas VIIIG SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420/2011-006
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Think Pair Share, Media Charta, Sistem Pernapasan Manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2011 08:54
Last Modified: 28 Apr 2011 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11835

Actions (login required)

View Item View Item