PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INDEX CARD MATCH DENGAN TORSO UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA

RETNAWATI , RETNAWATI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INDEX CARD MATCH DENGAN TORSO UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (247kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VIIID SMP Muhammadiyah 4 Surakarta yang terdapat kelemahan, antara lain: kurangnya keaktifan siswa, pemahaman, motivasi, dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar biologi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas VIIID SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Index Card Match dan torso. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan analisis data deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari hasil belajar aspek kognitif mata pelajaran biologi, pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran (aspek afektif) dan keterampilan siswa dalam menggambar, membaca gambar, dan menjelaskan torso (aspek psikomotorik). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar di setiap siklus. Rerata kelas hasil belajar aspek kognitif siklus I sebesar 6,37, siklus II sebesar 7,26, siklus III sebesar 7,95 mencapai target 94,29%. Rerata kelas hasil belajar aspek afektif siklus I dengan skor nilai 1,75 kriteria kurang baik, siklus II dengan skor nilai 2,34 kriteria cukup baik, siklus III dengan skor nilai 2,98 kriteria baik mencapai target 91,43%. Rerata kelas hasil belajar aspek psikomotorik siklus I dengan skor nilai 1,72 kriteria kurang baik, siklus II dengan nilai 2,50 kriteria cukup baik, siklus III dengan 3,00 kriteria baik mencapai target 94,29%. Peningkatan hasil belajar aspek kogntif siklus II sebesar 25,71% dari siklus I dan peningkatan siklus III sebesar 25,72% dari siklus II. Peningkatan hasil belajar aspek afektif siklus II sebesar 34,28% dari siklus I dan peningkatan siklus III sebesar 45,72% dari siklus II. Peningkatan hasil belajar aspek psikomotorik siklus II sebesar 42,85% dari siklus I dan peningkatan siklus III sebesar 31,44% dari siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Index Card Match dengan torso dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pokok bahasan sistem peredaran darah pada manusia (biologi) siswa kelas VIIID SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420/2011-010
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik, Index Card Match, torso, sistem peredaran darah pada manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2011 05:28
Last Modified: 28 Apr 2011 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11821

Actions (login required)

View Item View Item