KEMAMPUAN PREDIKSI INFORMASI LABA DAN ARUS KAS TERHADAP INFORMASI ARUS KAS DI MASA YANG AKAN DATANG (Studi Empiris Periode Tahun 2001 - 2005)

KHARISMAJAYA, SHENNO (2007) KEMAMPUAN PREDIKSI INFORMASI LABA DAN ARUS KAS TERHADAP INFORMASI ARUS KAS DI MASA YANG AKAN DATANG (Studi Empiris Periode Tahun 2001 - 2005). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)

Abstract

Laba dan arus kas merupakan salah satu komponen dari laporan keuangan yang dapat digunakan untuk memprediksi kinerja dan prospek per usahaan di masa mendatang. Kinerja tersebut terutama dapat di lihat dari arus kas yang dapat menentukan besarnya deviden kas dan pembayaran atas kewajiban-kewajiban perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah informasi laba dan arus kas dapat digunakan untuk memprediksi arus kas di masa yang akan datang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survei empiris yang menggunakan data sekunder dari Bursa Efek Jakarta. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 34 perusahaan manufaktur go public yang mempublikasikan laporan keuangan pada tahun 2001-2005 Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling dan data diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Pengukuran variabel dalam satuan milyar rupiah. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda yang mencakup Uji t, Uji F, dan Uji koefisien determinan (R2 ). Semua data yang diperoleh diolah dengan program SPSS for Windows Release 11 yang terlebih dahulu di uji dengan menggunakn uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Informasi laba tahun 2001 - 2005 berpengaruh terhadap arus kas tahun 2002 dan 2006, dimana nilai thitung (2,250) diterima pada taraf signifikansi 5% (p>0,05), maka variabel laba secara individu dapat dipertimbangkan untuk memprediksi arus kas tahun yang akan datang. (2) Informasi arus kas tahun 2001 - 2005 berpengaruh terhadap arus kas tahun 2002 dan 2006, dimana nilai thitung (9,329) diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), maka variabel arus kas secara individu dapat dipertimbangkan untuk memprediksi arus kas tahun yang akan datang. (3) Informasi arus kas memiliki kemampuan prediksi yang lebih baik dari informasi laba dalam memprediksi arus kas masa depan. Nilai t hitung variabel arus kas (9,329) lebih tinggi dari laba (2,250) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa arus kas mempunyai kemampuan yang lebih baik dari pada laba dalam memprediksi arus kas masa depan. Oleh karena itu, laporan arus kas dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh para pemakai laporan keuangan dalam pengambilan keputusan yang akan dilakukan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: laba, arus kas, arus kas masa depan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2011 04:52
Last Modified: 25 Apr 2011 04:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11817

Actions (login required)

View Item View Item