OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE LSQ (LEARNING START WITH A QUESTION) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA HIMPUNAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di MTs Muhammadiyah Blimbing)

SUSANTI , DYAH (2011) OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE LSQ (LEARNING START WITH A QUESTION) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA HIMPUNAN (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di MTs Muhammadiyah Blimbing). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (152kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan minat belajar siswa pada bidang studi matematika melalui penerapan metode LSQ (Learning Start With a Question),dan 2) meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan metode LSQ (Learning Start With a Question). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII E MTs Muhammadiyah Blimbing sebagai subyek pemberi tindakan, sedangkan subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII E yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, metode tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) pembelajaran matematika dengan penerapan metode LSQ (Learning Start With a Question) dapat meningkatkan minat belajar siswa, yang meliputi a) Kesiapan siswa dalam mempersiapan sumber buku pelajaran matematika sebelum dilakukan tindakan sebesar 26,67% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 76,67%, b) siswa berani mengungkapkan ide/gagasan sebelum dilakukan tindakan sebesar 23,33% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 70%, c) siswa aktif dalam proses Tanya jawab dalam pelajaran sebelum dilakukan tindakan sebesar 26,67 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 73,33%, d) siswa mengerjakan PR dengan baik sebelum dilakukan tindakan sebesar 46,67% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 83,33%, e) siswa mampu menyimpulkan hasil dari pembelajaran sebelum dilakukan tindakan sebesar 26,67% dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 80%, serta 2) pembelajaran matematika dengan penerapan metode LSQ (Learning Start With a Question) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa, hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang mencapai standart nilai KKM yaitu ≥ 60 sebelum dilakukan tindakan adalah 16,67% dan diakhir pelaksanaan tindakan mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut metode LSQ (Learning Start With a Question) dapat digunakan guru sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam peningkatan minat belajar siswa yang berakibat pada peningkatan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, metode LSQ (Learning Start With a Question), prestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2011 03:58
Last Modified: 21 Apr 2011 03:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11769

Actions (login required)

View Item View Item