PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING ( PTK di Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2010 / 2011 )

Ernawati , Ernawati (2011) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING ( PTK di Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2010 / 2011 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (118kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._daftar_pustaka.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan resource based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah SMP Negeri 2 Colomadu. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 35 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII C. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mennunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Resource Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dilihat dari aspek – aspek berikut : 1) Antusias Siswa dalam mengikuti pelajaran matematika sebelum tindakan 34.3% meningkat sebanyak 37.1% pada akhir tindakan; 2) Siswa yang memberi tanggapan kepada guru atau siswa lain sebelum tindakan 8.6% meningkat sebanyak 34.3% pada akhir tindakan; 3) Siswa yang menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 14.3% meningkat sebanyak 40% pada akhir tindakan; 4) Siswa menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan 17.1% meningkat sebanyak 37.2% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan resource based learning dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-005
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Resource Based Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2011 03:12
Last Modified: 21 May 2012 10:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11767

Actions (login required)

View Item View Item