PENINGKATAN ETIKA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta)

Baiti, Erma Nur (2011) PENINGKATAN ETIKA DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (165kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_ok1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan etika siswa, motivasi belajar siswa, dan prestasi belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis ICT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 4 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VIIIB yang berjumlah 36 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, angket, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas tersebut antara lain 1) Adanya peningkatan etika siswa dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari a). Sikap sopan siswa selama mengikuti pembelajaran meningkat dari 30,55% menjadi 55,55%, b). Sikap menghormati terhadap guru meningkat dari 36,11% menjadi 52,77%, c) Sikap menghargai terhadap teman meningkat dari 22,22% menjadi 47,22%, d). Cara siswa merespon pertanyaan dari guru meningkat dari 19,44% menjadi 52,77%. 2) Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari a). Keinginan untuk mengikuti proses pembelajaran meningkat dari 27,77% menjadi 50%, b). Kesiapan mengikuti proses pembelajaran meningkat dari 25% menjadi 58,33%, c). Memperhatikan penjelasan guru meningkat dari 19,44% menjadi 52,77%, d). Kemauan untuk mengerjakan latihan soal meningkat dari 27,77% menjadi 58,33%. 3) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika meningkat dari 27,77% menjadi 52,77%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dapat meningkatkan etika, motivasi belajar, dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: etika, motivasi belajar, media pembelajaran, ICT.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 09:33
Last Modified: 18 Nov 2019 03:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11748

Actions (login required)

View Item View Item