PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA ALGEBRAIC EXPERIENCE MATERIALS (AEM) (PTK di Kelas VII Semester I SMP Negeri 2 Bulu Tahun Ajaran 2010 / 2011)

DELINA , NUZUL PUTRI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA ALGEBRAIC EXPERIENCE MATERIALS (AEM) (PTK di Kelas VII Semester I SMP Negeri 2 Bulu Tahun Ajaran 2010 / 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan_pdf.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_pdf.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_V_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_pdf.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian (1) meningkatkan minat belajar siswa matematika melalui strategi pembelajaran The Power of Two pada siswa SMP Negeri 2 Bulu, (2)meningkatkan prestasi belajar siswa matematika melalui strategi pembelajaran The Power of Two pada siswa SMP Negeri 2 Bulu. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bulu Rembang, yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes ,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) ada peningkatan minat belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator minat yang meliputi: a) keinginan siswa untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru meningkat yaitu sebelum dilakukan tindakan 17,04% dan pada akhir tindakan 86,96%, b) keaktifan siswa dalam bertanya tentang materi yang tidak dimengerti meningkat yaitu sebelum dilakukan tindakan 0,00% dan pada akhir tindakan 82,61%, c) kemauan siswa untuk mengerjakan soal di depan kelas juga meningkat yaitu sebelum dilakukan tindakan sebanyak 4,75% dan pada akhir tindakan 78,26%. (2) ada peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan 8,79% dan pada akhir tindakan 82,61%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran The Power of Two dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa matematika materi Aljabar dengan menggunakan alat peraga AEM..

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Prestasi belajar,The Power of Two, Algebraic Experience Materials,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 09:29
Last Modified: 20 Apr 2011 09:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11746

Actions (login required)

View Item View Item