CATALYS DAY SEBAGAI PROSES VISUALISASI KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI SITUS DI SD LAZUARDI KAMILA)

SAFITRI , DWI PUJI NUR (2011) CATALYS DAY SEBAGAI PROSES VISUALISASI KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI SITUS DI SD LAZUARDI KAMILA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFPUS.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, mengkaji, dan menggambarkan: (1) Gaya belajar matematika siswa SD Lazuardi Kamila dengan perantara Catalys Day; (2) Kebiasaan siswa SD Lazuardi Kamila dalam pembelajaran matematika dengan perantara Catalys Day; (3) Faktor-faktor pendukung dan kendala dalam belajar matematika siswa SD Lazuardi Kamila dengan perantara Catalys Day. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif, dengan strategi penelitian bersifat etnografi. Subyek penelitian adalah seluruh siswa SD Lazuardi Kamila dengan obyek penelitian adalah Catalys Day termasuk di dalamnya perilaku siswa SD Lazuardi Kamila. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model alur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya belajar matematika yang digunakan di SD Lazuardi Kamila adalah Catalys Day dengan pendekatan prereferensi sensori dan profil kecerdasan (multiple intelligence); (2) Kebiasaan siswa SD Lazuardi Kamila dalam pembelajaran matematika melalui Catalys Day merupakan cara belajar yang efisien; (3) Faktor pendukung dalam belajar matematika siswa SD Lazuardi Kamila melalui Catalys Day adalah sistem pembelajarannya yang ringan sesuai keinginan siswa dengan mengarah pada segi psikomotorik untuk mencapai tahap belajar bermakna. Faktor yang menjadi kendala dalam belajar matematika siswa SD Lazuardi Kamila dengan perantara Catalys Day adalah tidak sadarnya siswa yang telah secara langsung menerapkan ilmu matematika yang didapat dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: rak a410/2011-018
Uncontrolled Keywords: Catalys Day, proses visualisasi konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 08:56
Last Modified: 28 Apr 2011 04:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11732

Actions (login required)

View Item View Item