IKLIM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH ALAM (Studi Etnografi di SMP Alam Ar Ridho Semarang)

FARIDA , ANISATUL (2011) IKLIM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH ALAM (Studi Etnografi di SMP Alam Ar Ridho Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
COVER_DAN_BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
SKRIPSI_LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memaparkan iklim pembelajaran matematika di dalam kelas dan memaparkan iklim pembelajaran matematika di luar kelas di SMP Alam Ar Ridho Semarang. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Informan adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SMP Alam Ar Ridho Semarang. Metode pengumpulan data dengan in depth interview, observasi, dan studi dokumenter. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data dengan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan member check. Hasil penelitian (1) Iklim pembelajaran matematika di dalam kelas mengacu pada dua aspek yaitu fisik dan non fisik. Pada aspek fisik diantaranya kondisi bangunan kelas berukuran sekitar 6 x 7 m, warna dinding kelas perpaduan coklat dan hijau sehingga menimbulkan kesan asri, dan lantai kelas dari kayu. Terdapat pajangan kelas berupa hasil kreasi siswa. Penerangan/pencahayaan ruang kelas dari lampu dan cahaya matahari. Kelas tidak kedap suara dan sirkulasi udara lancar. Ventilasi udara melalui dinding kelas yang terbuka. Kebisingan di dalam kelas tidak terlalu karena kelas terletak di lantai dua. Kondisi fisik di dalam kelas mendukung terbentuknya suasana pembelajaran yang menyenangkan. Pada aspek non fisik yaitu hubungan guru dan siswa dan hubungan siswa dengan siswa. Peran guru sebagai fasilitator dan konselor terjadi hubungan timbal balik dengan siswa. Guru sebagai evaluator yakni melakukan evaluasi kepada siswa sesuai dengan prosedur yang ada. Interaksi antar siswa dalam kelas melalui belajar klasikal, belajar kelompok misalnya diskusi, dan belajar mandiri. Antar siswa saling berkomunikasi (2) Iklim pembelajaran matematika di luar kelas mengacu pada dua aspek yaitu fisik dan non fisik. Pada aspek fisik di luar kelas meliputi keadaan lingkungan sekolah yang mendukung proses pembelajaran. Kebisingan di sekolah tidak terlalu dan udara di sekolah alam sejuk karena letak sekolah di pedesaan. Fasilitas-fasilitas sekolah berupa perpustakaan dan laboratorium lengkap. Fasilitas kebersihan berupa kamar mandi dan tempat sampah terawat. Pada aspek non fisik di luar kelas meliputi hubungan guru dan siswa dimana guru membimbing siswa dalam kelas bisnis. Interaksi antar siswa kompak dalam kelas bisnis. Hubungan siswa dengan warga sekolah yang terjalin selama pembelajaran di luar kelas terjalin dengan ramah. Kondisi fisik dan kondisi non fisik di dalam kelas maupun di luar kelas di sekolah alam kondusif sehingga menumbuhkan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Iklim pembelajaran, kondisi fisik, kondisi non
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 08:32
Last Modified: 20 Apr 2011 08:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11724

Actions (login required)

View Item View Item