PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Kelas VII Tahun 2010/2011)

SUKWANDANI , NOVIKA (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di SMPN 3 Colomadu Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Kelas VII Tahun 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_Fika.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_fika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_fika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_fika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_fika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan minat siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dan inquiring minds want to know. 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dan inquiring minds want to know. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi metode observasi dan metode tes tertulis serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan: 1) penerapan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dan inquiring minds want to know dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran matematika, (a) siswa memperhatikan materi yang dijelaskan oleh guru mengalami peningkatan sebesar 44,27%, (b) kemauan siswa mengerjakan PR mengalami peningkatan sebesar 44,5%, (c) kemauan siswa mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mengalami peningkatan sebesar 29,81%. 2) penerapan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dan inquiring minds want to know dapat meningkatkan hasil belajar matematika, (a) siswa berperilaku santun selama pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 31,37%, (b) kemampuan siswa menjelaskan materi yang telah dipahami kepada siswa lain mengalami peningkatan sebesar 43,6%, (c) nilai siswa diatas standar kelulusan minimal mengalami peningkatan sebesar 50,5%, (d) nilai siswa diatas rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 27,25%. Mengacu hasil penelitian tersebut, peneliti mengambil kesimpulan penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-013
Uncontrolled Keywords: Missouri Mathematics Project (MMP), Inquiring Minds Want To Know, Minat, Hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 08:09
Last Modified: 28 Apr 2011 05:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11718

Actions (login required)

View Item View Item