PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURY MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN SUPERITEM (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 3 Colomadu Tahun 2010/2011)

NI’MAH , A’YUN (2011) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURY MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN SUPERITEM (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 3 Colomadu Tahun 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (249kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missoury Mathematics Project (MMP) dengan Superitem siswa kelas VII G SMP Negeri 3 Colomadu. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII G yang berjumlah 32 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII G. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) ada peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missoury Mathematics Project (MMP) dengan Superitem, hal ini dapat dilihat dari aspek a) mengerjakan tugas rumah atau PR yang diberikan guru sebelum tindakan 46,87% meningkat menjadi 90,63% pada akhir tindakan, b) bertanya mengenai materi yang belum dipahami sebelum tindakan 15,63% meningkat menjadi 65,63% pada akhir tindakan, c) mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 6,25% meningkat menjadi 28,13% pada akhir tindakan, dan d) mengemukakan pendapat atau ide sebelum tindakan 12,5% meningkat menjadi 65,63% pada akhir tindakan. 2) ada peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missoury Mathematics Project (MMP) dengan Superitem, hal ini dapat dilihat nilai siswa yang mencapai KKM sama dengan 65 sebelum tindakan 25% meningkat menjadi 65,63% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model Missoury Mathematics Project (MMP) dengan Superitem dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Missoury Mathematics Project (MMP), Superitem.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 08:04
Last Modified: 20 Apr 2011 08:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11717

Actions (login required)

View Item View Item