PENINGKATAN KONEKSI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP N 1 Sambi Tahun 2010 )

SAPUTRI , IRMA AGUSSETYANA (2011) PENINGKATAN KONEKSI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP N 1 Sambi Tahun 2010 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (264kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran modifikasi Time Token Student Facilitator and Explaining dan 2) meningkatkan koneksi belajar matematika siswa selama proses pembelajaran matematika. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Sambi yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan koneksi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa yang mampu menyampaikan materi dengan baik dengan teman satu kelompok dalam diskusi sebelum tindakan 8,3 % dan setelah tindakan 55,6 %, 2) siswa yang mampu mengarahkan dan mau berbagi cara dengan menjelaskan tahapan – tahapan dalam penyelesaian soal dengan teman sebaya baik dalam kerja kelompok ataupun tidak sebelum tindakan 2,7 % dan setelah tindakan mengalami peningkatan 44,4 %, 3) siswa yang berani maju ke depan kelas untuk menjelaskan dan menyampaikan pendapat ataupun mengerjakan soal tanpa harus ditunjuk oleh guru sebelum tindakan 5,5 % dan setelah tindakan meningkatkan 47,3 %, 4) siswa yang mampu berkomunikasi secara efektif dengan orang lain dalam mencari tahu solusi dalam penyelesaian masalah (soal) sebelum tindakan 0 % dan setelah tindakan meningkat 58,3 % dan 5) siswa yang mampu menyelesaikan soal dengan baik dengan konsep yang benar dan matang sebelum tindakan 11 % dan setelah tindakan meningkat 69,4 %. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Time Token Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan koneksi belajar matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-001
Uncontrolled Keywords: Koneksi Belajar Matematika, Student Facilitator and Explaining, Time Token
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 06:02
Last Modified: 28 Apr 2011 04:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11711

Actions (login required)

View Item View Item