PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam)

RISYUDA , RATNA (2010) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN PRISMA DAN LIMAS MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Assalam). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bangun prisma dan limas siswa kelas VIII SMP dengan menggunakan metode pembelajaran Learning Start With A Question. Subyek penelitian ini adalah guru kelas VIII D SMP Assalam sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, sedangkan siswa kelas VIIID SMP Assalam yang berjuml ah 36 orang sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, dan metode tes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses, untuk selanjutnya dianalisis melalui latihan - latihan soal setiap putaran selama tiga putaran, dan disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan keaktifan bertanya dari 21% pada putaran I, 36% pada putaran II, 50% pada putaran III. Pemahaman konsep juga meningkat yang dapat dilihat dari hasil nilai tes dari 26,3% pada putaran I, 44% pada putaran II, 72% pada akhir penelitian. Dengan adanya peningkatan kedua aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui metode Learning Start With a Question dapat meningkatkan pemahaman konsep.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, Learning Start With a Question.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 05:47
Last Modified: 20 Apr 2011 05:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11708

Actions (login required)

View Item View Item