PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN TEAM QUIZ DAN QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK Kelas VII Semester II di SMP NEGERI 2 Colomadu)

SETYANINGSIH, NITA ANDRIANI (2010) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN TEAM QUIZ DAN QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK Kelas VII Semester II di SMP NEGERI 2 Colomadu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_-_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan Team Quiz dan Questions Students Have, (2) meningkatkan prestasi belajar siswa setelah dilakukan proses pembelajaran matematika pada persegi dan persegi panjang melalui penerapan pendekatan Team Quiz dan Questions Students Have. Subjek pelaksana tindakan adalah guru dan subjek yang membantu pelaksana adalah peneliti dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, metode tes, dan dokumentasi. Analisis Data yang digunakan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan keaktifan siswa dalam (1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebanyak 4 siswa (9,7%) setelah tindakan 21 siswa (51,2%), (2) mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 5 siswa (12,2%) setelah tindakan 23 siswa ( 56,1%), (3) mengemukakan pendapat atau ide sebelum tindakan 3 siswa (7,3%) setelah tindakan 20 siswa (48,8%), (4) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 6 siswa (14,6%) sesudah tindakan 24 siswa (58,5%), (5) menyanggah atau menyetujui ide teman sebelum tindakan 5 siswa (12,2%) sesudah tindakan 21 siswa (51,2%). Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan siswa yang mendapat nilai lebih besar sama dengan 70 sebelum tindakan 12 siswa (29,3%) sesudah tindakan 29 siswa (70,7%). Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan Team Quiz dan Questions Students Have dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: team quiz, questions students have, keaktifan, prestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 05:32
Last Modified: 20 Apr 2011 05:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11704

Actions (login required)

View Item View Item