EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZA TION (TAI)MELALUI PEMANFAATAN LKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 GIRIMARTO TAHUN AJARAN 2009/2010

ASTRIYANI, LINNA (2010) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZA TION (TAI)MELALUI PEMANFAATAN LKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 GIRIMARTO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (506kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan:1. Perbedaan pemahaman konsep Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok antara siswa yang diberi pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan siswa yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional. 2. Pemahaman konsep siswa yang diberi pembelajaran dengan metode kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan media LKS (Lembar Kerja Siswa) lebih baik dari pada siswa yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus T-tesyang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar 2,251; dan dengan nilai df= 50 maka diperoleh ttabel sebesar 2,009. Oleh karena nilai ttabel < thtung (2,009 < 2,251) maka H0 ditolak, sehingga terdapat perbedaan pemahaman konsep Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok antara siswa yang diberi pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan siswa yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional.Hasil perhitungan juga diketahui bahwa untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 7,62 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata- rata sebesar 6,62; sehingga pemahaman konsep siswa yang diberi pembelajaran dengan metode kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan media LKS (Lembar Kerja Siswa) lebih baik dari pada siswa yang diberi pembelajaran dengan metode konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Team-Assisted-Individualization (TAI), pemahaman-konsep-siswa, Lembar-Kerja-Siswa(LKS).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 05:22
Last Modified: 20 Apr 2011 05:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11701

Actions (login required)

View Item View Item