PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN FUNGSI(PTK Kelas VIII Semester 1 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

MULYANTO, DWI (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN FUNGSI(PTK Kelas VIII Semester 1 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (706kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman dan prestasibelajar siswa pada sub pokok bahasanfungsidengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIIDSMP Muhammadiyah 1Surakarta yang berjumlah 36siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan1)Adanya peningkatan pemahamansiswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator pemahaman: (a) menyebutkan ciri, sifat, danfaktor-faktor yang mendukung konsep sebelum tindakan sebanyak 33,33%dan setelah tindakan 72,22%, (b)menghubungkan konsep tersebut dengan konsep-konsep yang lain yang berhubungansebelum tindakan 8,33% dansetelah tindakan 50,00%, (c) membuat kesimpulan yang meliputi pendefinisian konsepsebelum tindakan 13,88 dan setelah tindakan50,00%, (d) memberikan contoh dan non contohsebelum tindakan 11,11%dan setelah tindakan55,55%. 2) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian. Sebelum adanya tindakan,siswa yang mendapat nilai ≥ 60 sebanyak 12siswa 33,33%dengan rata-rata kelas 54,3dan setelah tindakan sebanyak 32siswa 88,89% dengan rata-rata kelas 73,17. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran konstruktivisme dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman dan prestasibelajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman, prestasi-belajar,model-pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 05:04
Last Modified: 20 Apr 2011 05:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11698

Actions (login required)

View Item View Item