PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE SNOW BALL DAN DEBAT AKTIF (DEBATE ACTIVE) POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SEMESTER 2 MTs AL-WAHHAB BAGOKRADENAN TAHUN AJARAN 2009/2010

PURNOMO, HERI (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE SNOW BALL DAN DEBAT AKTIF (DEBATE ACTIVE) POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SEMESTER 2 MTs AL-WAHHAB BAGOKRADENAN TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (596kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran aktif tipe snow ball dan debat aktif (debate active). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Wahhab Bago Kradenan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cluster random sampling. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Pengambilan data yang dilakukan dengan menggunakan metode pokok yaitu metode tes dan metode bantu yaitu metode dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian dengan α = 5% menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar matematika yang menggunakan metode pembelajaran aktif tipe snow ball dibanding metode pembelajaran aktif tipe debat aktif (debate active). Dari data diperoleh rata-rata prestasi belajar siswa yang dikenai metode pembelajaran aktif tipe snow ball sebesar 78 dan rata-rata prestasi belajar siswa yang dikenai metode pembelajaran aktif tipe debat aktif (debate active) sebesar 70,4. Ini berarti bahwa prestasi belajar matematika siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode pembelajaran aktif tipe snow ball lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode pembelajaran aktif tipe debat aktif (debate active).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran_Aktif, Snow_Ball, Debat_Aktif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 04:59
Last Modified: 20 Apr 2011 04:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11697

Actions (login required)

View Item View Item