PENERAPAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Kelas VIII SMP PENDA Tawangmangu Tahun Ajaran 2009/2010)

WIBISONO , ERIKA (2010) PENERAPAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Kelas VIII SMP PENDA Tawangmangu Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
COVER_DAN_BAB_I.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
TOTAL_SEMUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa materi bangun ruang pada pokok bahasan kubus dan balok dengan menggunakan metode pembelajaran melalui pendekatan struktural tipe TPS (Think-Pair-Share). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VIIIA SMP PENDA Tawangmangu yang berjumlah 32 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, wawancara langsung, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan belajar siswa dalam: 1. Memperhatikan penjelasan guru meningkat dari 46.87% menjadi 93,75%, 2. Bekerjasama dalam kelompok dari 0% menjadi 87,5%, 3. Mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat dari 37,5% menjadi 78,12%, 4. Mengemukakan ide atau pendapat dari 0 % menjadi 18,75%, 5. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok dari 0 % menjadi 56,25%, 6. Menanggapi atau mengajukan pertanyaan pendapat dari 0 % menjadi 53,12%, 7. Mengerjakan soal di depan kelas dari 9,37% menjadi 40,62%. Hasil tes tertulis yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa, sebelum adanya tindakan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 sebesar 34,37% dan di akhir tindakan mencapai 90,62% Kesimpulan penelitian ini adalah metode pembelajaran dengan pendekatan struktural tipe TPS (Think-Pair-Share) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, pembelajaran matematika, Think-Pair-Share
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 04:02
Last Modified: 20 Apr 2011 04:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11693

Actions (login required)

View Item View Item