KESULITAN-KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KETILENG 03 TODANAN-BLORA

LESTARI, DIYAH PUJI (2010) KESULITAN-KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KETILENG 03 TODANAN-BLORA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (599kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitianini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita : 1) memahami apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari soal cerita; 2) mengubah soal matematika dan bentuk model- model matematika; 3) menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam soal cerita; 4) membuat pemecahan masalah dari soal matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Dari analisis data diperoleh bahwa: 1) kesulitan siswa dalam memahami apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dalam soal cerita matematika terletak pada kemampuan siswa dalam memahami dan mengerti bahasa yang digunakan dalam soal; 2) kesulitan mengubah soal matematika ke bentuk model matematika terletak pada kemampuan siswa dalam menterjemahkan persoalan sehari-hari ke dalam bahasa matematika; 3) kesulitan dalam menerapkan konsep yang dipelajari dalam soal cerita yaitu terletak pada kemampuan siswa dalam penggunaan dan penerapan konsep kedalam soal cerita; 4) kesulitan dalam membuat memecahkan masalah dalam soal cerita terletak pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan langkah-langkah yang benar. Jadi diharapkan dengan mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita lebih awal maka dapat dicari solusi dari kesulitan tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konsep-model-observasi-rumus-solusi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 02:50
Last Modified: 20 Apr 2011 02:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11686

Actions (login required)

View Item View Item