PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, PENGALAMAN MENGAJAR, DAN KELENGKAPAN SARANA PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA

ANGGRAENI, YULITA EVLYN (2008) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, PENGALAMAN MENGAJAR, DAN KELENGKAPAN SARANA PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210030066.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. pengaruh latar belakang pendidikan guru terhadap kinerja guru. 2. untuk mengetahui pengaruh pengalaman mengajar terhadap kinerja guru. 3. untuk mengetahui pengaruh kelengkapan sarana pembelajaran terhadap kinerja guru. Dan 4. untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan guru, pengalaman mengajar, dan kelengkapan sarana pembelajaran terhadap kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Muhammadiyah 5 Surakarta berjumlah 39 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket digunakan untuk mengambil data kelengkapan sarana pembelajaran dan kinerja guru. Metode dokumentasi untuk mengambil data latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar guru. Data diolah menggunakan program SPSS for windows V.11.5. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasarat analisis yaitu normalitas dan linieritas. Analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment, regresi linier berganda, dan uji F. Berdasarkan penelitian dan perhitungan yang telah dilakukan, dengan perhitungan persamaan Y = 15.550 + X 1 0.399 + X 2 0.715+ X 3 1.244 + e. Berarti latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, dan kelengkapan sarana pembelajaran berpengaruh terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan nilai Fhitung : 3.319 Ftab : 2.84, berarti Fhitung > Ftab dengan tingkat signifikansi 0.001. Berdasarkan garis regresi yang ada variabel kelengkapan sarana mengajar lebih berpengaruh dibandingkan yang lain 1.244. Nilai r sebesar 0.72 atau 72% menunjukkan nilai yang cukup erat terhadap kinerja guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: latar belakang pendidikan guru, pengalaman mengajar, kelengkapan sarana pembelajaran dan kinerja guru.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 22 Apr 2009 08:29
Last Modified: 17 Nov 2010 07:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1168

Actions (login required)

View Item View Item