PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI ACTIVE SELF – ASSESSMENT (PTK Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sambi Boyolali Tahun 2010)

MULYANINGTYAS , RIDHO WIBOWO SRI (2010) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI ACTIVE SELF – ASSESSMENT (PTK Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sambi Boyolali Tahun 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
Cover_+_Bab_1.pdf

Download (498kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
Skripsi_lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa melalui strategi pembelajaran Active Self – Assessment, 2) mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika pada bangun datar melalui strategi pembelajaran Active Self – Assessment. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Sambi Boyolali yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan review. Teknik analisis data dengan metode alur meliputi pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran Active Self – Assessment. Meliputi, 1) keaktifan siswa yang bertanya kepada guru meningkat sebelum tindakan sebesar 11,45%, putaran I sebesar 17,14%, putaran II sebesar 42,86%, putaran III sebesar 74,29% 2) keaktifan siswa yang menjawab pertanyaan guru meningkat sebelum tindakan sebesar 11,45%, putaran I sebesar 22,86%, putaran II sebesar 48,57%, putaran III sebanyak 71,43% 3) keaktifan siswa yang mengerjakan soal-soal latihan ke depan kelas meningkat sebelum tindakan sebesar 8,7%, putaran I sebesar 17,14%, putaran II sebanyak 42,86%, putaran III sebesar 68,57%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar matematika pada bangun datar. Sebelum tindakan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 65 sebesar 74,3%, putaran I sebesar 85,7%, putaran II sebesar 97,1%, putaran III sebesar 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) penggunaan strategi Active Self – Assessment dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa, 2) penggunaan strategi Active self – Assessment dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada bangun datar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, prestasi belajar, strategi Active Self – Assessment
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 10:03
Last Modified: 19 Apr 2011 10:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11675

Actions (login required)

View Item View Item