PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ‘’EXPLICIT INSTRUCTION’’ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR ( Studi PTK pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta )

Kusumawati , Dian (2010) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ‘’EXPLICIT INSTRUCTION’’ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR ( Studi PTK pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._Cover+BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
01._Isi_Skripsi_Dian_Kusuma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep di SMP Negeri 9 Surakarta pada Siswa Kelas VIII melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan Explicit Instruction pada Bangun ruang sisi datar. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 9 Surakarta mengalami peningkatan, yang meliputi aspek 1) siswa mampu menyebutkan ciri, sifat, dan faktor-faktor yang mendukung konsep sebelum dilaksanakan tindakan 56% dan diakhir tindakan 85%, 2) siswa mampu menghubungkan konsep tersebut dengan konsep-konsep lain yang berhubungan sebelum dilaksanakan tindakan 66% dan diakhir tindakan 100%, 3) siswa mampu membuat kesimpulan sebelum dilaksanakan tindakan 80% dan diakhir tindakan 100%, 4) siswa mampu memberikan contoh dari suatu konsep sebelum dilaksanakan tindakan 49% dan diakhir tindakan 95%. Jadi kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan Explicit Instruction.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Pembelajaran Matematika, Explicit Intructon
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:41
Last Modified: 19 Apr 2011 09:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11667

Actions (login required)

View Item View Item