PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIVAN SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP N 1 Nguntoronadi)

TRISNAWATI , MIKE (2010) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIVAN SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP N 1 Nguntoronadi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
LEMBAR_MUKA.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan keaktivan siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Nguntoronadi tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 32 siswa, sedangkan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, metode test, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara langsung. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Adanya peningkatan minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika meliputi perhatian siswa sebelum tindakan 12,5% setelah tindakan 81,25% dan kemauan siswa sebelum tindakan 15,625% setelah tindakan 81,25%, (2) Adanya peningkatan keaktivan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran didalam kelas meliputi keaktivan siswa bertanya sebelum tindakan 12,5% setelah tindakan 50%, keaktivan siswa menjawab pertanyaan sebelum tindakan 18,75% setelah tindakan 78,125%, keaktivan siswa mengerjakan soal sebelum tindakan 37,5% setelah tindakan 87,5%, dan keaktivan siswa mengerjakan soal didepan kelas sebelum tindakan 12,5% setelah tindakan 46,875%, (3) Adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari tercapainya target siswa (KKM). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika melalui penerapan metode penemuan terbimbing dengan mengoptimalkan penggunaan lembar kerja siswa (LKS) dapat meningkatkan minat dan keaktivan belajar siswa serta selanjutnya juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Penemuan Terbimbing, Minat Belajar Siswa, Keaktivan Siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:12
Last Modified: 19 Apr 2011 09:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11653

Actions (login required)

View Item View Item