ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DEVIDEND PAYOUT RATIO (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEJ)

NUGROHO, SIGIT HERI (2007) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DEVIDEND PAYOUT RATIO (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEJ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Judul)
cov_hal-i-dst.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Bab Komplit)
Bab_Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img]
Preview
PDF (bab 1)
bab_I_-.pdf

Download (107kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kebijakan deviden yang dilakukan dengan menguji beberapa variabel independen yaitu posisi kas, likuiditas, debt to equity ratio, profitabilitas, holding, sedangkan variabel dependennya adalah devidend payout ratio. Dalam penelitian ini pengujian dilakukan baik secara parsial maupun stimultan atau bersama-sama sehingga dapat diketahui seberapa besar pengaruh (signifikasi) dari variabel independen terhadap variabel dependen. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan manufaktur yang diperoleh dari Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Populasi dalam penelitian ini perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) selama tahun 2001-2003. Metode pengambilan sampel yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu sampel dipilih atas dasar kesesuaian dengan kriteria sampel yang telah ditentukan, sedangkan untuk metode pengujian dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda yang mencakup Uji t, Uji F dan R2 (Koefisien Determinasi). Semua data yang diperoleh diolah dengan program SPSS for Windows Release 11 yang terlebih dahulu diuji dengan menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa tidak semua faktor yang diteliti mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap devidend payout ratio. Dari hasil uji t (parsial) pada kelima variabel independen yang diduga berpengaruh terhadap devidend payout ratio hanya variabel likuiditas dan holding yang berpengaruh secara signifikan terhadap devidend payout ratio, sedangkan yang lainya yaitu variabel posisi kas, debt to equity ratio, dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap devidend payout ratio. Hasil uji F dari kelima variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap devidend payout ratio. Untuk koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R-Square sebesar 0,107. Menunjukkan bahwa devidend payout ratio bisa dijelaskan oleh kelima variabel indepeden diatas sebesar10,7% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Posisi Kas, Likuiditas, Debt to Equity Ratio, profitabilitas, Holding, Devidend Payout Ratio.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:58
Last Modified: 19 Apr 2011 08:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11647

Actions (login required)

View Item View Item