PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE TEAM QUIZ DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

KHASANAH , ALFANIYA (2010) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE TEAM QUIZ DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
2_COVER_&_BAB_I.pdf

Download (302kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
1_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Team Quiz dengan menggunakan Macromedia Flash pada pokok bahasan garis singgung lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yang berjumlah 24 siswa, dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIIB. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis kualitatif tiga jalur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Hasil penelitian ini adalah: Ada peningkatan motivasi belajar siswa melalui metode Team Quiz dengan menggunakan Macromedia Flash pada pokok bahasan garis singgung lingkaran. Hal ini dilihat dari aspek a) sikap yang menunjukkan perasaan senang siswa terhadap matematika dari sebelum tindakan 33,33% meningkat menjadi 87,5% pada akhir tindakan; b) perhatian siswa dalam pembelajaran matematika dari sebelum tindakan 20,83% meningkat menjadi 66,67% pada akhir tindakan; c) minat siswa dalam pembelajaran dari sebelum tindakan 16,67% meningkat menjadi 83,33% setelah tindakan; d) konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran matematika dari sebelum tindakan 33,33% meningkat menjadi 83,33% setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui metode Team Quiz dengan menggunakan Macromedia Flash pada pokok bahasan garis singgung lingkaran ada peningkatan motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Team Quiz, Macromedia Flash, Motivasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:40
Last Modified: 19 Apr 2011 08:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11643

Actions (login required)

View Item View Item