PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN COURSE REVIEW HOREY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL SECARA MANDIRI (PTK di Kelas X Semester II SMA N 1 Nguter Tahun Ajaran 2009/2010)

LESTARIA , FEBRINA (2010) PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN COURSE REVIEW HOREY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL SECARA MANDIRI (PTK di Kelas X Semester II SMA N 1 Nguter Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_COVER_+_HALAPAN_DEPAN.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_skripsi.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
03_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian siswa dalam mengerjakan soal pada pembelajaran matematika melalui matode Guided Note Taking dan Course Review Horey pada pokok bahasan trigonometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Nguter yang berjumlah 40 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemandirian siswa dalam mengerjakan soal latihan pada pembelajaran matematika pokok bahasan trigonometri melalui metode Guided Note Taking dan Course review Horey. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemandirian siswa dalam mengerjakan soal latihan sebelum dilakukan tindakan sebesar 20% dan diakhir tindakan mencapai 62,5%, 2) kemampuan siswa dalam menyampaikan kembali materi yang telah disampaikan guru sebelum dilakukan tindakan sebesar 10% dan diakhir tindakan mencapai 60%, 3) kemandirian siswa dalam mengerjakan soal latihan didepan kelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 7,5% dan diakhir tindakan mencapai 40%, 4) kemandirian siswa dalam menjawab pertanyaan guru secara lisan sebelum dilakukan tidakan sebesar 15% dan diakhir tindakan mencapai 37,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Guided Note Taking dan Course Review Horey dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan trigonometri dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam mengerjakan soal secara mandiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guided Note Taking, Course Review Horey, kemandirian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:35
Last Modified: 19 Apr 2011 08:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11641

Actions (login required)

View Item View Item