PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA N 1 WURYANTORO

SETO , YUSUF ANGGORO (2010) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA N 1 WURYANTORO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._Cover_Dan_BAB_1.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Keseluruham)
1._Skripsi_Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Teams Games Tournament. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas X6 SMA Negeri 1 Wuryantoro. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X6 SMA Negeri 1 Wuryantoro yang berjumlah 32 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa pada pokok Dimensi Tiga. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan ada 4 siswa (12,5%) dan setelah tindakan ada 12 siswa (37,5%), 2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan ada 9 siswa (28,18%) dan setelah tindakan ada 14 siswa (43,75%), 3) mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan ada 1 siswa (3,12%) dan setelah tindakan ada 4 siswa (12,5%), 4) membuat soal latihan sebelum tindakan ada 15 siswa (48,87%) dan setelah tindakan ada 27 siswa (84,37%). Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, model-pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:22
Last Modified: 19 Apr 2011 08:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11638

Actions (login required)

View Item View Item