PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PETA KONSEP DAN PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen pada siswa kelas V11 semester ganjiSMP N Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011)

WAHYUNINGSIH , HENDRI RETNO (2010) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PETA KONSEP DAN PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA (Eksperimen pada siswa kelas V11 semester ganjiSMP N Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
2)_Cover_+_Bab_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
1)_Skripsi_Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi Peta Konsep dan strategi Pengajaran Berdasarkan Masalah terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan pecahan. (2) Pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan Pecahan. (3) Interaksi antara strategi mengajar dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan pecahan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 kartasura 2010/2011 yang terdiri dari tujuh kelas dan sampelnya yaitu kelas VIIF sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 42 siswa, sedangkan kelas VIID sebagai kelas kontrol dengan jumlah 42 siswa. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Tehnik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji scheffe. Berdasarkan hasil penelitian dengan  5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi peta konsep dan pengajaran berdasarkan masalah terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan pecahan dengan nilai signifikansi Fa = 5,022, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan perbedaan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan pecahan dengan nilai signifikansi Fb = 11,902, (3) Tidak ada pengaruh antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai signifikansi Fab = 0,485.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi-belajar, kemampuan-awal, peta-konsep, Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:14
Last Modified: 19 Apr 2011 08:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11636

Actions (login required)

View Item View Item