EKSPERIMENTASI PENDEKATAN SMALL GROUP WORK DAN THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester II DI MTs NU 01 Batang)

Kartikasari , Oktafiana (2010) EKSPERIMENTASI PENDEKATAN SMALL GROUP WORK DAN THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester II DI MTs NU 01 Batang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
cover+bab1_pdf.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
skripsi_Q.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) perbedaan penggunaan metode pembelajaran terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari pemahaman konsep, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan pemahaman konsep siswa terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas MTs NU 01 Batang yang berjumlah 200 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa, yang terdiri dari 32 siswa kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode liliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi metode pembelajaran Small Group Work dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan metode Think Talk Write terhadap hasil belajar matematika siswa dengan FA = 4,640, (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan terjadi pada siswa dengan pemahaman konsep tinggi dan rendah terhadap hasil belajar matematika dengan FB = 3,331 (3) Tidak ada interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan pemahaman konsep siswa terhadap hasil belajar matematika dengan FAB = 0,914.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Small Group Work, TTW, Pemahaman-Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 07:54
Last Modified: 19 Apr 2011 07:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11633

Actions (login required)

View Item View Item