UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngrampal)

RACHMAWATI R. , DESI (2010) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngrampal). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
File_2._Cover_dan_BAB_I.pdf

Download (432kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
File_1._Skripsi_Desi_Rahcmawati_R.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi picture and picture dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ngrampal. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 39 siswa dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII B. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada peningkatan pemahaman konsep siswa melalui strategi picture and picture. Hal ini dilihat dari aspek a). Mendengarkan penjelasan dari guru sebelum tindakan 26,64% meningkat menjadi 51,28% pada akhir tindakan; b). Menanggapi guru dan siswa yang lain sebelum tindakan 2,56% meningkat menjadi 20,51% pada akhir tindakan; c). Mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan 7,69% meningkat menjadi 17,95% setelah tindakan; dan d). Menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan 5,13% meningkat menjadi 20,51% setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi picture and picture dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep, picture and picture.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 04:33
Last Modified: 19 Apr 2011 04:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11624

Actions (login required)

View Item View Item