MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION (PTK PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I MTsN BEKONANG FILIAL KARTASURA TAHUN 2010/2011)

SAPUTRO, ALBERT ROSIHAN BUDI (2011) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION (PTK PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I MTsN BEKONANG FILIAL KARTASURA TAHUN 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_depan.pdf

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (4kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII melalui model pembelajaran problem posing tipe post solution posing. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII MTsN Bekonang Filial Kartasura, yang berjumlah 26 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bilangan. Hal ini dapat dilihat dari 1) Kemampuan siswa mengklasifikasikan obyek-obyek menurut sifat-sifat tertentu dari suatu konsep sebelum tindakan 23,1% dan setelah tindakan 77%, 2) Kemampuan siswa membedakan contoh dan non contoh dari suatu konsep sebelum tindakan 30,8% dan setelah tindakan 73,1%, serta 3) Kemampuan siswa menyatakan ulang suatu konsep sebelum tindakan 30,8% dan setelah tindakan 77%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing tipe post solution posing dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman-konsep, model-pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 04:28
Last Modified: 19 Apr 2011 04:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11623

Actions (login required)

View Item View Item