PENINGKATAN PENGUASAAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN VARIASI METODE KUMON (PTK Kelas III SDN Cakraningratan 32 Laweyan Tahun Ajaran 2009/2010)

AMALIA K W , NURUL (2011) PENINGKATAN PENGUASAAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN VARIASI METODE KUMON (PTK Kelas III SDN Cakraningratan 32 Laweyan Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (309kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perkalian dan pembagian siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran variasi metode kumon ,ke istimewaan KUMON adalah bimbingan perseorangan sesuai ke mampuan masing – masing siswa, bahan pelajaran di susun secara efektif , sistematis , dan step by step,siswa di latih memahami dan mengerjakan soal dengan kemampuannya sendiri untuk membentuk kemandirian.metode ini berbantuan lembar kerja siswa dan lembar tugas siswa agar tindakan lebih efektif dan menyenagkan sehingga hasil belajar optimal maka penelitian di dukung dengan media pembelajaran yanng inovatif melalui rolet magnet dan kartu remi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas III SD Negeri Cakraningratan 32 berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan mean (rata – rata). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan perkalian dan pembagian siswa dalam menambah level kemampuan pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) keaktifan siswa sebelum tindakan 14,3% sesudah tindakan menjadi 76% siswa, 2) kemampuan siswa sebelum tindakan 21,4%, sesudah tindakan menjadi 71,4%, 3) pemahaman si swa sebelum tindakan 21,4%,sesudah tindakan menjadi 60,7%, 4) motivasi siswa sebbelum tindakan 10,7%, sesudah tindakan 53,6%, 5) kreatifitas siswa sebelum tindakan 17,9%, sesudah tindakan menjadi 75%, 6) kemandirian siswa sebelum tindakan siswa 14,2 % sesudah tindakan menjadi 89,2%. Hasil tes tertulis yang dilakukan secara step by step sebelum dan sesudah penelitian menunju kkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam perkalian dan pembagian. Sebelum tindakan kemampuan perkalian dan pembagian belajar siswa yang mendapat nilai > 6,0 sebesar 57,1%, sesudah tindakan naik menjadi 92,9%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran denga variasi metode KUMON berbantuan lembar kerja siswa dan lembar tugas dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemandirian siswa menambah level kemampuan dan penguasaan perkalian,pembagian siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-006
Uncontrolled Keywords: level pencapaian,penguasaan – ketuntasan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 04:22
Last Modified: 28 Apr 2011 04:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11619

Actions (login required)

View Item View Item