IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta)

NOVITASARI , NOVITASARI (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 7 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
COVER_&_BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
SKRIPSI_LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa melalui pendekatan cooperative dengan strategi make a match, (2) Mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa melalui pendekatan cooperative dengan strategi make a match. Subyek pelaksana tindakan adalah guru dibantu oleh peneliti dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan keaktifan belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari (1) Siswa yang mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan 32,35%, setelah tindakan 82,35%, (2) Siswa yang menyiapkan buku pelajaran sebelum pelajaran dimulai sebelum tindakan 29,41%, setelah tindakan 88,23%, (3) Siswa yang mengerjakan tugas / PR sebelum tindakan 38,23%, setelah tindakan 79,41%, (4) Siswa mau mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 29,41%, setelah tindakan 85,29%, (5) Siswa mau mengajukan pertanyaan kepada guru jika ada materi yang belum jelas sebelum tindakan 26,47%, setelah tindakan 67,64% (6) Siswa mau menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru sebelum tindakan sebesar 29,41%, setelah tindakan 61,76% dan (7) Siswa mau mengemukakan ide / pendapat sebelum tindakan 23,53%, setelah tindakan 55,88%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan cooperative dengan strategi make a match dapat meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran-matematika, motivasi-belajar, keaktifan-belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 03:49
Last Modified: 19 Apr 2011 03:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11616

Actions (login required)

View Item View Item