UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII E, SMP Negeri I Juwangi. Semester II, Tahun Ajaran 2009/2010)

ESTUNINGSIH , DEDE DEWI (2010) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII E, SMP Negeri I Juwangi. Semester II, Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
COVER_+_BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode pembelajaran Problem Based Instruction dalam pembelajaran Matematika pada siswa SMP kelas VII guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa pada bidang studi matematika pada pokok bahasan segiempat melalui penerapan metode pembelajaran Problem Based Instruction. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah peneliian kualitatif dengan menggunakan desain PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek yang melakukan tindakan dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas VII yang bekerjasama dengan peneliti serta rekan sesama peneliti sebagai pengamat, sedangkan subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Juwangi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan tes tertulis serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara dan dokumetasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan segiempat. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Kemampuan memahami masalah sebelum diadakan tindakan sebesar 5,56%, pada putaran I sebesar 13,89%, pada putaran II sebesar 30,56%, di akhir putaran mencapai 88,89%, 2) Kemampuan siswa untuk merencanakan penyelesaian sebelum diadakan tindakan sebesar 5,56%, pada putaran I sebesar 30,56%, pada putaran II sebesar 52,78%, di akhir putaran mencapai 91,67%, 3) Kemampuan siswa melaksanakan penyelesaian sebelum diadakan tindakan sebesar 8,33%, pada putaran I sebesar 52,78%, pada putaran II sebesar 77,78%, di akhir putaran mencapai 94,44%. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Problem Based Instruction dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-026
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah, PBI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 03:44
Last Modified: 28 Apr 2011 04:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11615

Actions (login required)

View Item View Item