UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL(PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri I GiriwoyoWonogiri)

SAPUTRI, SETYASARI INDAH (2010) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE PROBLEM SOLVING PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL(PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri I GiriwoyoWonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
COVER_DAN_BAB_I.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
SKRIPSI_KOMPLIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

bahasan aritmetika sosial melalui metode problem solving. (2) Memberikan pedoman pada guru untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran matematika. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas 7 A SMP Negeri 1 Giriwoyo yang berjumlah 33 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika dan subyek yang membantu pelaksanaan adalah peneliti dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode tes, metode observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Deskriptif kalitatif dilakukan dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi dari siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari (1) Sebelum putaran kemampuan siswa mengidentifikasi masalah adalah 30.33%, diakhir putaran mencapai 57.58 %. (2) Sebelum putaran kemampuan siswa menyusun rencana adalah 24.24%, diakhir putaran mencapai 51.51 %. (3) Sebelum putaran kemampuan siswa melaksanakan rencana adalah 72.73%, diakhir putaran mencapai 90.91 %. (4) Sebelum putaran kemampuan siswa memeriksa kembali adalah 21.21%, diakhir putaran mencapai 51.51 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan Problem Solving dapat meningkatkan prestasi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi, Problem-Solving.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 03:40
Last Modified: 19 Apr 2011 03:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11613

Actions (login required)

View Item View Item