MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Prabowo , Firman Adi (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TERAPAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (122kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep. (2) Mengetahui bahwa penerapan pendekatan berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pemahaman konsep yang dimaksud disini adalah kemauan siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan soal, kemampuan mengerjakan soal dengan benar dan cepat. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Kartasura Sukoharjo Semester gasal tahun ajaran 2008/2009. Subyek penerima tindakan siswa kelas VII A SMP N 1 Kartsaura Sukoharjo sebanyak 40 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VII A SMP N 2 N Kartsaura Sukoharjo berkolaborasi dengan kepala sekolah dan peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu data dianalisis dengan metode alur. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep matematika, yaitu: 1) kemauan siswa untuk memahami materi dan menyelesaikan soal, dari kondisi awal 30 % pada putaran terakhir meningkat sampai 65%. 2) kemampuan mengerjakan soal dengan benar dan cepat, dari kondisi awal 35% pada putaran terakhir meningkat sampai 85%. Sedangkan peningkatan hasil belajar matematika siswa, yaitu: peningkatan nilai pada setiap evaluasi, dari kondisi awal 30% pada putaran terakhir meningkat sampai 70%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran berbasis kontekstual dalam pembelajaran pada pelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, hasil belajar, pembelajaran matematika, pendekatan berbasis kontekstual.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 03:18
Last Modified: 19 Apr 2011 03:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11612

Actions (login required)

View Item View Item