EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA (Studi Eksperimentasi Kelas VIII SMP Ibu S. Soemoharmanto Jatipurno Wonogiri)

PENI , SIWI (2011) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA (Studi Eksperimentasi Kelas VIII SMP Ibu S. Soemoharmanto Jatipurno Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) Interaksi pembelajaran kooperatif tipe TGT dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N Ibu. S. Soemoharmanto Jatipurno, Wonogiri tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 119 siswa. Sampel dalam penelitian ini, sebanyak 80 siswa terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil dengan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan sel tak sama. Sebelum data dianalisis dilakukan persyaratan uji analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji komparansi ganda. Berdasarkan hasil penelitian ini, untuk α = 5% dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 5,496 > Ftabel = 3,920, (2) Ada pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, Fa = 173,753 > Ftabel = 3,070 dan (3) Tidak ada pengaruh yang signifikan interaksi pembelajaran kooperatif tipe TGT dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab = 0,002 < Ftabel 3,070.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkaran, Minat-Belajar, Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2011 09:45
Last Modified: 18 Apr 2011 09:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11607

Actions (login required)

View Item View Item