UPAYA MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE COLLABORATIVE LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi)

MAWARTI , HENNY KUSUMA (2010) UPAYA MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN METODE COLLABORATIVE LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Sambi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02.Halaman_Depan.pdf

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisasikan kesulitan belajar matematika melalui pengajaran remedial dengan metode collaborative learning dan meningkatkan ketuntasan siswa dalam menguasai pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Sambi yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, tes dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan kesulitan perkalian tanda positif dan negative, kurang teliti dalam menghitung dan operasi variabel pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal sebelum tindakan 34,38% dan setelah tindakan 62,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran remedial dengan metode collaborative learning dapat meminimalisasikan kesulitan belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar matematika, pengajaran remedial, collaborative learning. 
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2011 09:40
Last Modified: 18 Apr 2011 09:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11606

Actions (login required)

View Item View Item